Postingan Populer

Unsur pembentuk Power

Latihan Menggunakan Circuit Training

Latihan Kebugaran Jasmani (Kekuatan, Kecepatan,Kelenturan dan Daya Tahan )

Komponen-Komponen Latihan Kecepatan

Faktor Pendukung Prestasi Olahraga.

Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Anggota Badan Bagian Atas dan otot bawah

Prinsip dan Pengelompokan Usia masa Latihan dalam Olahraga

Manfaat Berendam Air Dingin

Macam-macam Komponen Kondisi Fisik

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan.



   Kemampuan seseorang untuk dapat bergerak cepat dipengaruhi beberapa faktor. Berkaitan dengan faktor-faktor yang menentukan terhadap kecepatan lari, Pate R., Rotella R. & McClenaghan B. (1993:300) mengemukakan bahwa: Kemampuan dan kecepatan anaerobik ditentukan oleh faktor-faktor berikut :(1) Jenis serabut otot. distribusi serabut otot cepat (FT) dan otot lambat (ST), (2). Koordinasi otot syaraf, (3) Faktor-faktor biomekanika (misal: keterampilan), dan (4) Kekuat- an otot. Kecepatan dipengaruhi oleh kemampuan gerak atlet, kekuatan khusus, daya tahan kekuatan dan teknik.

Menurut Bompa (1999:368) faktor- faktor yang mempengaruhi kecepatan adalah :
1. Keturunan (heredity)
2. Waktu reaksi
3. Kemampuan untuk mengatasi tahanan eksternal
4. Teknik
5. Konsentrasi dan semangat
6. Elastisitas otot.

Kecepatan lari dipengaruhi oleh fleksibilitas, kekuatan otot, power otot, daya tahan anaerobik, koordinasi gerakan, keterampilan teknik lari dan jenis serat otot yang dimiliki oleh atlet.

Pada dasarnya serat-serat otot yang terdapat pada manusia terdiri dari dua macam yaitu serat-serat otot merah dan serat-serat otot putih. Jenis serat otot yang dimiliki oleh seseorang merupakan bawaan sejak lahir.

Menurut Nosseck (1982:59) bahwa, "Seorang atlet yang otot-ototnya terutama terdiri dari serat-serat merah tidak bisa berkembang menjadi pelari cepat kelas teratas". Atlet yang memiliki serat otot putih lebih berpeluang untuk menjadi pelari cepat kelas atas.

Pada dasarnya kecepatan lari dapat ditingkatkan walaupun peningkatan kecepatan itu sangat terbatas, karena dibatasi oleh bakat. Hal ini sesuai dengan pendapat Nosseck (1982:59) bahwa "peningkatan kecepatan sangat terbatas, misalnya peningkatan kecepatan lari hanya berjumlah 20-30%".

Peningkatan kecepatan lari dapat diperbesar dengan meningkatkan komponen-komponen pendukung kecepatan seperti, fleksibilitas, power otot, daya tahan anaerobik, koordinasi gerakan dan keterampilan teknik lari.


KLIK ADMIN